BERJALAN DI ‘TUBUH’ SUMBA (TANA HUMBA)



Saya membuka Lyra, laptop kesayangan saya dan melihat ada banyak foto di sana. Sambil melihat-lihat, saya mengingat setiap kejadian-kejadian yang ada hubungannya dengan foto itu. Demi membuat foto-foto yang mulai membuat ruang penyimpanan pada Lyra  penuh menjadi lebih bermanfaat, saya memutuskan untuk membuat catatan singkat tentang foto-foto itu dengan mengandalkan kekuatan ingatan saya yang tidak seberapa ini dan mencoba memaksimalkan kemampuan retrival saya terhadap memori yang pernah ada. Dari mana semua foto-foto itu? dari hasil jalan-jalan saya, walau pun tidak benar-benar jalan-jalan sih hahahah ada yang hasil jalan-jalan karena kerjaan kantor, ada yang dari aktivitas-aktivitas komunitas, ada yang kebetulan sama-sama dengan teman dan sebagainya. Tapi apa pun itu, pastilah semuanya tentang Sumba.

S U M B A.
SUMBA
Ketik kata itu di google dan lihat apa yang muncul. Wisatanya. Ya, tidak heran dengan apa yang terlihat. Akhir-akhir ini Sumba memang menjadi sasaran wisata. Alamya, budayanya, orang-orangnya dan semua tentang Sumba adalah alasan Sumba menjadi target yang menggiurkan bagi para penikmat pariwisata. Bukan hanya penikmat wisata, bahkan investor pun berdatangan dan memanfaatkan Sumba sebagai lahan uang mereka.
Sumba adalah salah satu dari tiga pulau besar di NTT yang memiliki empat kabupaten dalam wilayah administrasinya yakni Sumba Barat Daya ibukotanya Tambolaka, Sumba Barat ibukotanya Waikabubak, Sumba Tengah ibukotanya Waibakul dan Sumba Timur ibukotanya Waingapu.
 Sumba memiliki dua bandara yang bisa dimanfaatkan jika ingin berkunjung. Bandara Umbu Mehang Kunda yang berada di Sumba Timur dan bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya. Selain itu jalur laut juga bisa digunakan melalui pelabuhan Waikelo di Sumba Barat Daya dan Pelabuhan Waingapu.
Apa yang menarik di Sumba? Banyak! Pantai, bukit, padang, tarian, ritual,  dan budaya lainnya. Aktivitas bertani, beternak, nelayan, menenun, menganyam dan lainnya. Kebiasaan anak-anak, orang tua, anak muda, baik laki-laki dan perempuan. Sekian banyak ternak di jalanan, seperti kuda, sapi, kerbau, kambing, ayam dan lainnya yang kadang membuat kita harus hentikan kendaraan demi memberi jalan kepada terak-ternak itu dan sebagainya. Banyak hal yang menarik di negeri Marapu ini.
Tapi di balik keindahannya, Sumba juga menyembunyikan banyak hal yang membuat hati menjadi gelisah. Misalnya angka perdangangan manusia yang masih sangat tinggi, kasus pencurian yag masih banyak, beberapa kejadian kekerasan seksual masih juga saya dengar bahkan korbannya adalah anak-anak, pertengkaran yang berujung maut karena masalah tanah, terancamnya eksistensi kepercayaan lokal, pernikahan anak usia dini yang masih terjadi, pembangunan berbasis investor, festival berbasis pariwisata yang perlahan-perlahan menggeser nilai-nilai kebudayaan dan sebagainya.
Ah menjadi perempuan yang lahir dari rahim perempuan Sumba lainnya dan menghabiskan sebagian besar masa hidup di pulau ini menjadikan saya seseorang yang sangat jatuh cinta dengan semua hal yang ada di pulau ini.
Jauh dalam diri saya, cinta itu menuntun saya pada satu bentuk pengorbanan yang menjadikan saya anak muda yang selalu bangga sekaligus gelisah.
Saya bangga pada sekian banyak hal baik dan indah di pulau ini, namun saya tidak bisa berdiam dalam zona kebanggaan itu dan mengabaikan banyak hal lainnya untuk kemudian bertingkah seakan semuanya hal indah ini tanpa cacat. Saya memilih menjadi anak muda Sumba yang melakukan hal-hal yang bisa saya buat meski itu hanya hal-hal kecil.
Bagi saya, Sumba bukan sekedar pulau, Sumba adalah rumah.
Bagi saya, Sumba adalah tujuan sekaligus tempat untuk pulang.
Bagi saya, Sumba keindahan sekaligus kegelisahan yang membuat jantung selau berpacu dengan irama yang membuatnya tetap hidup.
Bagi saya, Sumba adalah doa yang teduh.
Semoga sekian banyak perjalanan menjelajah pulau ini bisa menjadikan saya mejadi pribadi yang lebih baik untuk Sumba, untuk tana Humba, untuk negeri Marapu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG MENYUKAI SEORANG FRATER

BENTANGAN LANGIT SIANG HARI